Sistem Pendukung Keputusan Pengelompokan Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Felder-Silverman

Andharini Dwi Cahyani

Abstract


Penerapan teknologi informasi dalam bidang edukasi dewasa ini meningkat pesat. Penerapan TI tersebut tidak hanya dalam penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia saja, tetapi juga dalam pelaksanaan pembelajaran berupa e-learning, Dalam perkembangannya, agar proses pembelajaran berjalan dengan efektif, maka diperlukan belajar secara berkelompok. Ide tersebut bukanlah suatu hal baru karena bekerja dalam kelompok memberikan lingkungan untuk belajar secara kolaboratif serta berbagi ide dan pengetahuan. Agar tiap anggota kelompok merasa nyaman, maka siswa dikelompokkan berdasarkan gaya belajar yang dimilikinya. Dari hasil kuesioner gaya belajar siswa, kemudian dilakukan teknik clustering fuzzy c-means untuk membentuk kelompok siswa. Hasil clustering tersebut kemudian dianalisa dengan menggunakan indeks Davis-Bouldin. Dari hasil ujicoba menunjukkan bahwa hasil clustering paling homogen ketika set parameter jumlah cluster = 4 dan jumlah iterasi = 20 kali.

Keywords


Decision Support System, e-learning, learning style

References


Topari. 2013. Deteksi Keanekaragaman Gaya Belajar Siswa Berbasis TIK. Kompasiana (Jakarta), 18 Oktober.

Montgomery, S.M. and Groat, L.N. 1998. Student Learning Styles and Their Implications For Teaching. Michigan : The Research on Learning and Teaching, The University of Michigan.

Tiberius, R. 1986. Metaphors underlying the improvement of teaching and learning. British Journal of Educational Technology, 17 (2), 144–156.

Mc Keachie, W.J. 1995. Learning styles can become learning strategies. The National Teaching and Learning Forum, 4 (6), 1-3.

Mc Keachie. W.J. 1994. Teaching tips: A guidebook for the new beginning college teacher (9th edition). Lexington, MA: Heath.

Kolb, D. 1984. Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Mumford, A., 1995. Learning styles and mentoring, Industrial and Commercial Training, Vol. 27 Iss: 8, pp.4 - 7

Felder, R.M., dan Silverman, L.K., 1988. Learning styles and teaching styles in engineering education. Engineering education, 78 (7), 674 – 681.

Myers, I.B., dan Mc Caulley, M.H., 1986. Manual: A guide to the development and use of the Myerr-Briggs type indicator (2nd ed.). Palo Alto, CA: Consulting Psychologist Press.

Hruska-Riechmann, S., & Grasha, A. F. 1982. The Grasha-Riechmann student learning style scales. J. Keefe (Ed.), Student learning styles and brain behavior (pp. 81-86).

Gardner, H. 2000, Intelligence Reframed: Multiple Intelligences for the 21st Century, Basic Books.

Khan, F.A., Graf, S., Weippl, E.R., Tjoa, A.M., 2010. Identifying and Incorporating Affective States and Learning Styles in Web-based Learning Management Systems. International Journal of Interaction Design & Architectures (IxD&A), Vol. 9-10, pp. 85-103.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung :

Web
Analytics

View My Stats