APLIKASI BUKU DIGITAL ATRAKTIF UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN BERBASIS FUN LEARNING MANAGEMENT DENGAN PENDEKATAN USER CENTERED DESIGN (STUDI KASUS : MATAKULIAH ALGORITMA)

Pipin Widyaningsih

Abstract


Algoritma merupakan kunci bagi mahasiswa untuk menyelesaikan permasalahan komputasi secara efektif dan efisien. Matakuliah algoritma biasanya diberikan pada semester awal dimana mahasiswa dalam tahap adaptasi dan belum memiliki dasar pemrograman sama sekali.  Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat lunak bantu pembelajaran algoritma dengan mengadopsi konsep buku digital atraktif yang dapat menyajikan gambar, teks, audio, video dan animasi. Metode pengembangan aplikasi menggunakan pendekatan user centered design. Hasil penelitian menunjukkan penilaian ahli materi berdasarkan aspek pembelajaran dan isi materi memberikan skor rata-rata nilai sebesar 4,46 (sangat baik). Penilaian ahli media yang meliputi aspek teks/bahasa, warna, gambar/ilustrasi dan interaktifitas menunjukkan skor rata-rata nilai sebesar 4,43 (sangat baik). Penilaian mahasiswa yang meliputi aspek teks/bahasa, gambar/ilustrasi,materi dan fun learning menunjukkan skor rata-rata nilai sebesar 4,19 (Baik). Berdasarkan hasil pengujian tersebut menunjukkan aplikasi buku digital algoritma layak untuk dikembangkan dan digunakan pada pembelajaran algoritma.

Keywords


Algoritma; UCD; Fun Learning; Buku Digital; Atraktif

References


Budiyanto, Alex, 2003. Pengantar Algoritma dan Pemrograman. Ilmukomputer.com

Kadir, Abdul. 2012. Algortima dan Pemrograman Menggunakan Java. Yogyakarta. Andi Offset

Kristanto, Andri. 2009. Algoritma dan Pemrograman dengan C++. Yogyakarta. Graha Ilmu

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer:Suatua Tindakan Konseptual Operasional. Jakarta. Bumi Aksara

Meier, Dave. 2000. The Accelerated Learning Handbook : A Creative Guide to Designing and Delivering Faster, More Effective Training Programs. 1st Edition. New York. McGraw-Hill.

Arkun dan Akkoyunia. 2008. A Study on The Development Process of A Multimedia Learning Environment According to The Addie Model and Students’ Opinions of The Multimedia Learning Environment. Interactive Educational Multimedia, 10(17), 1–19.

Sapura, W dan Purnama, B.E 2012. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Mata Kuliah Organiasi Komputer. Journal Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 4 (2), 0-67.

Puteh, Syarifah Nor dan Salam, Kamarul Azman Abd. 2011. Tahap Kesediaan Penggunaan ICT Dalam Pengajaran Dan Kesannya Terhadap Hasil Kerja Dan Tingkah Laku Murid Pra Sekolah. Jurnal Pendidikan Malaysia. Edisi 36 Vol.1. Hal : 25-34.

Kawi, I Gusti Ayu Komang dkk. 2013. Pengembangan Bahan Ajar untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Kreatif Terintegrasi Bagi Siswa Kelas IX SMP Semester Enam. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 3 Tahun 2013. Program Studi Teknologi Pembelajaran Universitas Pendidikan Ganesha.

Kristiningrum, 2007. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) dengan Macromedia Authorware 7.0 pada Materi Fisika Sekolah Menengah Atas (SMA) Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus. Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Colognesi, Andrea Ferdian. Rusli, Muhammad. dan Puspita, Ni Nyoman Harini. 2014. Perancangan Multimedia Pembelajaran Algoritma dan Struktur Data Studi Kasus: STMIK STIKOM Bali. Bali. STMIK STIKOM Bali

Avianti, Anastasia Vera. 2008. Pengembangan Aplikasi Pembelajaran untuk Anak-anak Taman Kanak-Kanak. Yogyakarta. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Putri, Wanda Natalia. 2008. Aplikasi Multimedia untuk Mengoptimalkan Kekuatan Otak Kanan&Otak Kiri. Yogyakarta. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Wihdiarso, dkk. 2007. Metode UCD (User Centered Design) untuk Rancangan Kios Informasi : Studi Kasus Rumah Sakit Bersalin XYZ. Jurnal Ilmiah STMIK GI MDP “@lgoritma”. Volume 3. No. 3.

Sukardjo. 2006. Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta. UNY Press.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung :

Web
Analytics

View My Stats